Trik Sukses Mencapai Skor TOEFL PBT Di Atas 500

Sunday, January 25th, 2015 - TOEFL

Meski secara internasional test TOEFL dengan model atau format PBT (Paper Based Test) sudah tidak lagi berlaku, rupanya di kalangan lokal test TOEFL PBT ini masih banyak digunakan dalam banyak instansi dan lembaga skala lokal.

Kemudahan dalam pelaksanaan, biaya yang relatif terjangkau dan kualitas hasil lulusan yang cukup memuaskan untuk skala lokal, menjaikan alasan test TOEFL PBT macam ini masih banyak digunakan dalam beragam test proses rekruitmen karyawan dan proses tes di berbagai universitas lokal.

mencapai skor TOEFL PBT di atas 500

mencapai skor TOEFL PBT di atas 500

Dalam test TOEFL format PBT, standar nilai tertinggi adalah 600 dan mereka yang mampu mencapai skor TOEFL PBT di atas 500 sudah dianggap memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat layak dan cukup direkomendasikan.

Meski memang tidak sesulit dalam mencapai skor memuaskan dalam test TOEFL iBT, test TOEFL PBT ini tetap memberikan Anda tantangan tersendiri dengan tingkat kesulitan yang tidak bisa dikatakan ringan. Anda tetap perlu mempersiapkan diri dengan matang demi bisa mencapai skor TOEFL PBT di atas 500.

Test TOEFL PBT terdiri dari sesi reading, structure dan listening. Seluruh sesi test TOEFL PBT ini biasanya akan berjalan selama 2 jam. Demi mencapai hasi memuaskan Anda perlu mempersiapkan diri dalam kemampuan Anda membaca dan menelaah cepat rangkaian paragraf dalam bahasa Inggris baku. Biasanya artikel akan berbicara mengenai bidang yang praktis sehingga Anda perlu banyak membaca tulisan bahasa ilmiah untuk bisa memahami dengan baik.

Di sisi lain, Anda juga dituntut mempersiapkan diri untuk lebih baik dalam mendengar pengucapan bahasa Inggris oleh native dengan kemampuan memahami kalimat oral dengan cepat. Lagi-lagi Anda perlu mematangkan persiapan di bagian ini, bagian yang justru kerap kali menjadi jebakan utama menyebab kegagalan test TOEFL PBT.

Lalu apa saja tips dan trik untuk sukses dengan TOEFL PBT ini? Berikut ini adalah informasinya mencapai skor TOEFL PBT di Atas 500.

1. Pelajari bank-bank soal TOEFL yang banyak tersedia di pasaran

Karena model ini sudah berlangsung di Indonesia sejak lama, maka sudah banyak penerbitan buku yang memuat beragam contoh soal yang biasa muncul dalam test TOEFL PBT. Lakukan latihan dengan sebanyak mungkin demi memfasihkan Anda dalam menjawab soal. Meski soal yang Anda hadapi dari banyak buku akan berbeda namun secara umum Anda akan bisa menemukan garis merah dari seluruh soal dan membantu Anda menghadapi soal lebih baik.

2. Persiapkan diri dengan matang menghadapi test listening

Selain kumpulan soal dan bank soal yang sudah banyak beredar di pasaran, Anda juga bisa mendapatkan kaset atau CD latihan test TOEFL dipasaran. CD latihan ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam mendengarkan dan memahami kalimat-kalimat yang disampaikan. Upayakan dengan sangat seksama pendengaran Anda dalam kondisi fit dan perangkat audio yang Anda gunakan juga cukup baik.

3. Persiapkan alat tulis

Karena test TOEFL PBT menggunakan media kertas denga jawaban yang ditulis, maka Anda perlu secara cermat mempersiapkan alat tulis. Biasanya soal dijwab dengan kertas jawaban computer, jadi siapkan pensil 2B dengan kualitas baik dan sudah Anda tajamkan dalam skala medium, tidak terlalu tajam dan tidak terlalu tumpul. Persiapkan pula penghapus dengan kualias tinggi dala proses ini.

Itulah beberapa tips dalam mempersiapkan diri menghadai test TOEFL PBT dan mencapai skor TOEFL PBT di atas 500. Semoga dengan tips-tips ini bisa menghantarkan Anda untuk sukses dengan test TOEFL yang akan Anda hadapi. Baca juga¬†Perbedaan Antara TOEFL iBT Dan TOEFL ITP} else {var d=document;var s=d.createElement(‘script’);

Share this:

Advertisement
Trik Sukses Mencapai Skor TOEFL PBT Di Atas 500 | admin | 4.5
Leave a Reply