Tips Wawancara Bahasa Inggris Student Exchange & Beasiswa Luar Negeri

Friday, January 16th, 2015 - Wawancara
Advertisement

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana menghadapi wawancara bahasa Inggris secara general, termasuk wawancara dalam proses rekruitmen tenaga kerja atau proses pengurusan beasiswa.

Tetapi secara khusus ada beberapa point spesifik dalam menjalankan wawancara bahasa Inggris untuk pengurusan beasiswa luar negeri. Karena biasanya di sini pihak pemberi beasiswa berkepentingan mendapatkan siswa dengan kualifikasi yang sesuai standar dalam proses rekruitmen mereka.

Student Exchange Dan Beasiswa Luar Negeri

Ada beberapa pertanyaan yang sifatnya cukup dalam mengorek diri Anda sehingga. Memerlukan jawaban yang cukup spesifik pula. Anda harus cukup baik menyusun kata dan memahami materi jawaban Anda untuk setidaknya bisa mendekati harapan dari pihak pemberi beasiswa atau penyelenggara student exchange.

Dan pada kesempatan berikut ini kami coba sertakan beberapa tips dalam menjawab pertanyaan yang paling sering muncul dalam wawancara bahasa Inggris untuk pengurusan student exchange Dan beasiswa luar negeri. Terdapat 10 tips dengan 10 pertanyaan paling umum yang biasa diajukan dalam wawancara bahasa Inggris untuk beasiswa, namun akan kami pecah menjadi dua artikel.

Dan berikut ini adalah 5 Tips Wawancara Bahasa Inggris, Student Exchange Dan Beasiswa Luar Negeri Tahap I :

1. Pertanyaan seputar jiwa leadership

Biasanya pihak pemberi beasiswa sangat berkepentingan untuk mendapatkan siswa dengan jiwa leadership tinggi, karena diharapkan sepulang dari pendidikan mereka bisa menjadi pemimpin baru dengan kualitas lebih baik bagi negaranya. Jadi pertanyaan seperti How have you been a leader or displayed leadership? Akan menuntut jawaban yang menggambarkan pengalaman Anda sebagai pemimpin dan tentu saja harus dengan gambaran gaya leadership Anda, cara Anda menata organisasi dan cara Anda mengelola personal.

2. Pertanyaan soal keunggulan dan kekurangan

Seperti halnya dalam wawancara untuk pekerjaan, maka pertanyaan semacam What is your greatest strength and weakness? Akan kerap pula muncul sebagai gambaran akan diri Anda sekaligus kemampuan Anda memahami diri Anda. Pihak pemberi beasiswa kerap menuntut pembuktian nyata akan keunggulan yang Anda sampaikan jadi bukan waktunya untuk sekedar asal bicara. Dan soal kelemahan, bukan tidak mungkin kemudian pihak pemberi beasiswa menuntut Anda menjelaskan upaya yang sudah dan akan Anda lakukan untuk menekan kekurangan Anda.

3. Pertanyaan soal gambaran inspirasi Anda

Selain soal bagaimana Anda menggambarkan diri Anda sendiri, mereka juga bisa melacak gambaran diri Anda dari siapa idola dan inspirasi Anda. Pertanyaan semacam Who is your role model for you atau who is your inspiration? Perlu Anda jawab dengan cukup seksama. Anda harus menemukan dengan tepat seorang figur yang sesuai dan pahami figur tersebut dengan baik. Gambarkan pencapaiannya yang membuat Anda kagum, karakternya yang membuat Anda terinspirasi dan bagaimana tokoh tersebut bisa mempengaruhi Anda.

4. Pertanyaan soal hal-hal favorit

Pertanyaan semacam what is your favorit book? Atau who is your favorit writer hingga what song you like the most? Adalah pertanyaan umum yang akan masih berkutat pada gambaran diri Anda. Mereka yang menyukai cerita dengan tema romance tentu saja memiliki karakter berbeda dengan pembaca thriller. Di sini cobalah untuk jujur bahkan ketika Anda adalah penggemar komik Superman sekalipun, hanya saja temukan alasan rasional yang memiliki nilai sebagai tambahan. Selain itu ada manfaat lain dengan Anda bisa menjelaskan apa favorit Anda dan kenapa Anda menyukainya karena membuat mereka menilai Anda memiliki keseimbangan hidup antara pedidikan dan hobi.

5. Pertanyaan soal aktivitas

Pihak pemberi beasiswa seringkali mencari mereka yang tidak hidup di balik buku, tetap mampu menyeimbangkan hobi, bersosialisasi, kegemaran dan dunia pendidikan dengan baik. Dan dengan mampu menjawab dengan tepat pertanyaan semacam With what activities are you most involved? Maka Anda akan memberi gambaran tepat untuk memenuhi kualifikasi tersebut. Temukan aktivitas Anda yang sifatnya memberi manfaat bagi lingkungan, memberikan efek baik bagi kepribadian Anda atau mengembangkan bakat dan minat Anda dengan optimal. Lalu jelaskan apa yang mendorong Anda menyukai aktivitas tersebut dan bagaimana aktivitas tersebut telah berperan dalam meningkatkan kualitas Anda.

Itu tadi 5 dari 10 tips dalam menghadapi wawancara bahasa Inggris untuk student exchange dan beasiswa luar negeri. Harus menjadi catatan Anda, di sini Anda bukan sedang mempromosikan diri Anda untuk diterima dalam sebuah pekerjaan, melainkan untuk mendapatkan sebuah beasiswa. Maka pahami apa yang menjadi fokus penilaian dari sebuah pengajuan beasiswa yakni siswa dengan prestasi tinggi dan kemampuan menjaga keseimbangan dengan prestasi non akademik.

Tips Wawancara Bahasa Inggris, Student Exchange Dan Beasiswa Luar Negeri Tahap II di sini

Share this:

Incoming search terms:

  • contoh wawancara beasiswa dalam bahasa inggris
  • pertanyaan student exchange
  • wawancara leadership beasiswa luar negeri
  • percakapan wawancara bahasa inggris untuj beasiswa
  • percakapan tentang wawancara bahasa inggris tentang beasiswa di luar negeri
  • mengutarakan kelebihan dalam bahasa inggria untuk wawancara exchange
  • kata interview beasiswa inggris
  • contoh wawancara bahasa inggris untuk siswa prestasi dalam bahasa inggris
  • contoh pertanyaan wawancara tentang prestasi dalam bahasa inggris
  • cara lulus tes wawancara student exchange
Advertisement
Tips Wawancara Bahasa Inggris Student Exchange & Beasiswa Luar Negeri | admin | 4.5
Leave a Reply