Tips Sukses Mengerjakan Tes TOEFL Reading Comprehension

Sunday, October 19th, 2014 - TOEFL

Pada kesempatan ini kami akan mencoba membahas mengenai tes TOEFL dan bagaimana kiat-kiat menghadapinya. Di sini tingkat kesulitannya memang terbilang berat, mengingat Anda hanya bisa merampungkan tes dengan jawaban yang full grammar dan inilah tantangan terberat dari tes TOEFL. Itu sebabnya kali ini kami akan mencoba berbagai tips sukses mengerjakan tes TOEFL untuk Anda.

tips sukses menghadapi tes toefl

Dalam sebuah tes TOEFL Anda akan dihadapkan pada 4 tahap tes yakni tes reading comprehension, listening, writing dan speaking. Setiap sesi sudah pasti akan menyuguhkan tantangan dengan modelnya masing-masing dan itu berarti dibutuhkan pendekatan masing-masing untuk bisa merampungkan soal dalam tes dengan tepat dan cepat.

Bila kita bicara soal bagaimana sukses dengan tes TOEFL reading comprehension, maka fokus utama Anda adalah memahami materi bacaan dalam tes. Masalahnya materi bacaan dalam tes ini bukan lagi sekedar teks sederhana dengan kosa kata pasaran yang mudah Anda pahami. Justru bisa jadi teks bacaan akan cukup rumit dengan kosakata yang tergolong asing bagi kalangan awam, susunan kata yang lebih kompleks bahkan mungkin bersusun dan padat dengan beragam model grammar dan speech.

Tapi jangan Anda lantas menjadi takut, karena sebenarnya ada cara jitu atau tips sukses mengerjakan tes TOEFL reading comprehension ini dan sukses mencapai angka memuaskan.

Beberapa tips sukses mengerjakan tes TOEFL reading comprehension yang bisa Anda  praktekan.

1. Selalu menambah kosakata

Jangan berhenti belajar mengenai kosakata baru dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat. Pahami bentuk present dan pastnya bila ada. Rajinlah membaca dan upayakan membaca dari tulisan formal macam dalam majalah, koran, karya ilmiah, jurnal dan sebagainya. Lakukan penelusuran demi menemukan kata baru yang sulit atau justru susunan kalimat baru yang sebelumnya belum pernah Anda dapati, pahami dan bila perlu catat.

2. Latih kemampuan mencerna teks

Salah satu kendala dalam tes TOEFL ini adalah Anda harus bisa menangkap pesan, gagasan dan kata-kata penting dalam setiap paragraph pada teks yang kadang tidak selamanya tersurat dengan jelas melainkan hanya tersirat. Untuk itu, Anda juga harus memanfaakan kesempatan membaca teks tadi untuk mengasah kemampuan Anda menangkap gagasan pokok dan pesan dalam setiap artikel. Semakin sering Anda berlatih semakin mahir dan juga semakin cepat Anda merampungkannya.

3. Fokus pada gagasan dan kalimat kunci

Jangan buang waktu Anda dengan membaca seluruh teks hingga habis karena bisa jadi Anda hanya akan merampungkan setengah soal ketika waktu habis. Manfaatkan waktu dengan efisien untuk membaca cepat, temukan hanya gagasan utama dan kalimat kunci dari tiap paragraf. Seperti tadi kami sampaikan, belajarlah untuk cepat menangkap gagasan dan pesan, karena itulah kunci dari reading comprehension.

4. Lakukan scanning

Seperti tadi kami sampaikan, Anda tidak perlu membaca seluruh teks karena seringkali ini akan memakan waktu, Anda perlu memahami dulu gagasan dari paragraf demi paragraf yang ada, kemudian pahami pertanyaannya dan temukan jawaban pada teks dengan melakukan pembacaan sekilas. Ini lebih efektif ketimbang Anda membaca setiap teks hingga rampung.

5. Tenang di depan soal

Kini setelah Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk persiapan yang matang, tinggal pastikan Anda tetap tenang di depan soal dan tidak kehilangan fokus. Karena kadang justru masalah timbul bukan karena soal yang sulit atau kurangnya persiapan, tetapi karena Anda kehilangan fokus Anda.

Jangan merasa khawatir ketika Anda akan menghadapi tes TOEFL, cobalah menjalankan tips sukses mengerjakan tes TOEFL ini dan dapatkan hasil memuaskan dari tes Anda hanya dengan modal ketekunan, semangat belajar dan tentu saja ketenangan. Jangan ketinggalan membaca artikel Alasan dibalik gagalnya seseorang menghadapi tes TOEFL.

Share this:
Advertisement
Tips Sukses Mengerjakan Tes TOEFL Reading Comprehension | admin | 4.5
Leave a Reply