Perbedaan Antara TOEFL iBT Dan TOEFL ITP

Sunday, January 18th, 2015 - TOEFL

Pada banyak kesempatan kami sudah membahas mengenai test TOEFL dan beberapa seluk beluk di dalamnya. Salah satunya adalah mengenai keberadaan beberapa type test TOEFL. Saat ini terdaoat dua jenis test TOEFL yang banyak dikenal umum di masyarakat, yakni test TOEFL iBT aliasn (Internet Based Test) dan test TOEFL ITP ( Insitutional Test Program).

Perbedaan Antara TOEFL iBT Dan TOEFL ITP

Apakah perbedaan antara TOEFL iBT dan TOEFL ITP? Banyak masyarakat awam yang masih meraba untuk membedakan keduanya karena keterbatasan informasi yang ada saat ini. Untuk itulah kali ini kami akan mencoba mengulasnya lebh dalam dan menemukan perbedaan antara keduanya.

Dari sisi kualitas soal sebenarnya perbedaan TOEFL iBT dan TOEFL ITP tidak banyak. Karena standar soal sama-sama ditentukan oleh pihak penyelenggara pusat yakni ETS atau Educational Test System dari Amerika Serikat. Keduanya menerapkan standar soal dengan tingkat kesulitan yang seimbang karena pihak ETS sendiri berkeinginan hasil dari ujian ITP tetap memiliki kualitas yang tidak memalukan.

Meski demikian standar penilaian rupanya sedikit berbeda, karena dalam Tes TOEFL ITP sengaja disediakan dua kategori ujian, yakni level intermediate dengan tingkat kesulitan skala menengah dan level advanced dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Pembedaan soal ini tidak akan Anda temukan pada ujian TOEFL iBT, karena skala soal dari test dengan media online ini disetarakan dengan soal ITP skala advanced.

Untuk level advanced pada test TOEFL ITP atau model TOEFL iBT soal dibagi dalam 4 sesi yakni sesi reading, listening, writing dan speaking. Sedang pada skala intermediate pada test TOEFL ITP maka soal terbagi dalam 4 sesi yakni, reading, listening, writing dan base structure. Ini terkait dengan pentingnya pengujian dasar kemampuan grammar dan tata bahasa baku baku peserta dengan level kemampuan bahasa Inggris skala menengah.

Artikel Terkait :

Tidak hanya itu, untuk penentuan skor keduanya juga menerapkan metode yang berbeda. Bila pada test TOEFL iBt skor berada pada angka 0 – 120,  maka pada sistem skor pada test TOEFL ITP menggunakan range angka yang sama dengan skor pada TOEFL PTB yakni 310 -677 untuk jenis test level intermediate dan skor range 200 – 500 untuk test level advanced.

Namun dari semua itu, perbedaan antara TOEFL iBT dan TOEFL ITP secara mendasar justru terletak pada tujuan pelaksanaan test tersebut nantinya  dan bagaimana test ini akan Anda ikuti dan jalankan. Selain faktor biaya yang juga jelas berbeda jauh.

Secara internasional hanya hasil test TOEFL iBT saja yang diterima dan diakui secara global. Banyak menjadi syarat masuk berbagai recruitment kerja skala global hingga pengajuan pendidikan internasional. Untuk mengikutinya juga memerlukan prosedur yang tidak mudah dan tidak murah. Biayanya relatif besar di atas 1 juta dengan sistem pendaftaran panjang dan antrian panjang pula. Untuk menjalankan test Anda perlu perangkat computer baik lengkap kemampuan audio visual yang memadai.

Berbeda dengan test TOEFL ITP yang dijalankan oleh institusi secara mandiri dibawah lisensi standar ETS. Biasanya pelaksanaan menggunakan kertas jawaban computer denga prosedur pelaksanaan yang lebih simpel serta biaya lebih terjangkau, bahkan tidak sampai 400 ribu. Mesji penilaian dan skor syah dari ETS tidak ada pengakuan formal terhadap hasil test ini secara global, nilai TOEFL ini hanya diakui di skala lokal atau hanya oleh instansi terkait saja dengan masa berlaku hanya 2 tahun.

Meski secara global TOEFL iBT lebih diakui dunia, rupanya di Indonesia, masih banyak orang yang tertarik dengan test TOEFL ITP karena alasan kepraktisan. Dan menurut Anda berdasar perbedaan antara TOEFL iBT dan TOEFL ITP, mana yang lebih baik untuk Anda? Jangan lupa membaca artikel menarik ini juga : Alasan Dibalik Gagalnya Seseorang Menghadapi Tes TOEFL

Share this:

Advertisement
Perbedaan Antara TOEFL iBT Dan TOEFL ITP | admin | 4.5
Leave a Reply