Latihan Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes TOEFL iBT Writing

Sunday, November 2nd, 2014 - TOEFL

Belakangan ini tes TOEFL iBT lebih banyak dicari dan diberikan ketimbang tes TOEFL cara lama. Ini karena tes TOEFL model ini memiliki rangkaian tes yang lebih kompleks dan lengkap, sehingga dianggap akan menghasilkan nilai yang lebih kompetitif. Itu pula sebabnya diperlukan lebih banyak upaya dan ketekunan dalam Menghadapi Tes TOEFL iBT Writing.

Dalam tes TOEFL iBT terdapat 4 rangkaian tes, yakni tes reading comprehension, writing, listening dan speaking. Diharapkan, mereka yang sukses menghadapi tes TOEFL iBT dengan nilai memuaskan ini dipastikan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih menjanjikan dan berkualitas.

Terkait : Tips Sukses Mengerjakan Tes TOEFL Reading Comprehension | Cara Efektif Untuk Siap Tes TOEFL iBT Listening

Hanya saja dalam menghadapi rangkaian tes ini, Anda perlu melakukan latihan kontinyu yang sifatnya meningkatkan perbendaharaan kosakata Anda dalam bahasa Inggris dan kemampuan Anda dalam membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara secara optimal.

Salah satu rangkaian yang terbilang sulit dan kerap menjadi kendala bagi peserta tes TOEFL iBT adalah tes writing. Karena di sini Anda di tuntut membuat essay mengenai satu tema tertentu dengan standar penulisan bahasa Inggris baku dan grammar yang tepat.

Untuk bisa menghasilkan essay yang sesuai standar penilaian, Anda perlu melakukan latihan menulis dengan cara berikut ini :

1. Perbanyak kosa kata

Salah satu modal utama dalam Menghadapi Tes TOEFL iBT Writing adalah dengan selalu melengkapi diri Anda dengan sebanyak mungkin vocabulary alias kosa kata. Karena semakin baik penguasaan kosa kata Anda, baik dari sisi kuantitas maupun pemahaman Anda akan makna dan fungsinya dalam kalimat, maka akan semakin baik Anda dalam menulis.

2. Selalu mencoba mencari contoh tulisan

Bagi pemula, menulis memang terasa lebih sulit, kadang Anda tidak hanya terkendala masalah grammar dan kosakata, tetapi juga ide. Untuk itu, Anda harus lebih rajin membaca berbagai tulisan ilmiah, jurnal, koran dan majalah untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan, referensi ide dan referensi tata penulisan standar, struktur tulisan essay yang tepat dan teknik penyusunan kata yang menarik minat pembaca.

3. Beranikan menulis

Kalau Anda sudah mulai cukup sering membaca, sebenarnya di kepala Anda dan juga di catatan Anda sudah bertumpuk sekumpulan ide dan cara menulis yang siap Anda tuangkan dalam essay Anda. Jangan terpaku pada grammar di awalnya, tetapi fokus pada penuangan ide yang Anda miliki saja. Ingat meski demikian selalu perhatikan tata penulisan dan struktur penulisan essay.

4. Ingat menulis dan edit adalah dua pekerjaan terpisah

Jangan gabungkan pekerjaan menulis bersamaan dengan pekerjaan mengedit, karena itu akan mustahil. Jadi tulis dulu dan tuangkan ide Anda, kemudian berikan sentuhan akhir pada tulisan Anda dengan merapikan grammar, kesalahan penulisan dan pengejaan serta detil-detil lainnya.

5. Latih kecepatan tangan Anda dengan keyboard Qwerty

Satu lagi yang tidak bisa Anda abaikan, kalau tes TOEFL iBT ini menggunakan sarana computer dalam pengerjaannya. Jadi selain melatih kreativitas dan kelancaran Anda dalam menyusun kata, Anda juga berkepentingan melatih kemahiran tangan Anda dalam mengetik. Dalam kondisi mahir, tangan seolah memiliki mata sendiri dan menemukan sendiri setiap huruf tanpa Anda perlu melihatnya.

6. Cari mentor

Satu hal yang juga perlu menjadi perhatian Anda, dalam latihan writing ini Anda memerlukan pihak lain yang akan menilai kualitas tulisan Anda. Anda perlu melibatkan seorang dengan kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata untuk peran ini atau cona mengikuti pre test TOEFL iBT khusus writing.

Tidak ada yang sulit kalau Anda berusaha kan? Termasuk pula ketika Anda harus menghadapi tes TOEFL iBT writing yang terkenal sebagai momok menyeramkan dari tes TOEFL. Kini Anda semakin yakin bukan dalam menghadapi tes TEOFL iBT

Share this:

Advertisement
Latihan Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes TOEFL iBT Writing | admin | 4.5
Leave a Reply