Cara Mempersiapkan diri Untuk Tes TOEFL iBT Speaking

Tuesday, November 4th, 2014 - TOEFL
Advertisement

Dengan adanya tes TOEFL iBT, memang tes TOEFL menjadi terasa lebih sulit dan membutuhkan persiapan lebih matang dari persiapan menghadapi tes TOEFL konvensional. Karena tes TOEFL iBT lebih kompleks dan lebih rumit lengkap dengan rangkaian tes yang lebih lengkap. Anda akan diuji mulai dari kemampuan membaca dan menelaah teks, menulis essay, mendengarkan hingga berbicara dalam bahasa Inggris baku.

Cara Mempersiapkan diri Untuk Tes TOEFL iBT Speaking

Cara Terbaik Mempersiapkan diri Untuk Tes TOEFL iBT Speaking

Terkait :

  1. Latihan Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes TOEFL iBT Writing
  2. Cara Efektif Untuk Siap Tes TOEFL iBT Listening

Anda membutuhkan persiapan matang untuk menghadapi keempat tes tersebut dan ini adalah sebuah tantangan tersendiri. Dan salah satu tantangan yang tergolong berat adalah ketika Anda harus menghadapi tes TOEFL iBT speaking. Di sini Anda diminta untuk menyampaikan secara lisan ide dan gagasan Anda dengan kalimat yang sesuai standar grammar, dengan susunan kalimat yang runtun dan susunan kata yang mudah pendengar terima dan pahami.

Pada sesi tes ini, kerap kali peserta tes terlalu sibuk dalam merangkai kata dengan tepat dan menyusun kalimat sesuai grammar sehingga akhirnya gagal menyampaikan pesan dan gagasan secara tepat. Atau gagasan bisa tersampaikan dengan tepat namun dengan tata bahasa dan susunan kata yang berantakan. Kadang masalah justru muncul dari sisi yang lebih sederhana, Anda salah dalam mengucapkan kata dengan pengucapan yang benar.

Masalahnya penilaian dari sesi tes speaking ini meliputi ketiga aspek ini, yakni aspek pengucapan, aspek tata bahasa dan aspek gagasan. Anda bisa lihat kan betapa kompleksnya tes TOEFL iBT speaking ini bukan? Dan bagaimana seharusnya Anda melatih diri Anda menghadapi tes TOEFL iBT speaking? Mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda.

1. Perkaya perbendaharaan kosa kata

Sepertinya masalah satu ini sudah berulang kali kami ulang bukan? Nyatanya modal utama dalam menghadapi tes TOEFL iBT adalah dengan memperkaya perbendaharaan kata. Karena tes ini menuntut Anda memahami kalimat dan kata-kata yang tidak pasaran, bahkan juga mampu menyuguhkan kemampuan ini pula dalam tulisan dan ucapan Anda.

2. Pastikan Anda sudah memahami pengucapan tepat tiap kosa kata

Jangan hanya menghafal kosakata, karena di sini pengucapan atau pronounciation adalah aspek penting dalam penilaian, maka pastikan Anda sudah mengucapkan setiap kata dengan standar pengucapan yang tepat.

3. Tajamkan pengucapan Anda

Sempatkan diri Anda menonton Tayangan di TV atau mendengarkan siaran radio dalam bahasa Inggris. Karena dari sini Anda bisa mendapatkan pengetahuan tepat mengenai bagaimana seharusnya kata-kata tersebut diucapkan. Akan lebih baik kalau Anda utamakan menyaksikan atau mendengarkan siaran berita dan tayangan liputan resmi yang memang menggunakan bahasa Inggris formal.

4. Latih kemampuan bicara Anda sesering mungkin

Alah bisa karena biasa sangat cocok untuk menjelaskan kenapa Anda harus lebih banyak berlatih dengan pengucapan bahasa Inggris. Bila perlu cobalah untuk lebih sering bicara dalam bahasa Inggris (mungkin sementara setidaknya menjelang tes TOEFL iBT Speaking.

5. Perbanyak pengetahuan Anda

Satu lagi yang perlu Anda pelajari dalam mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL iBT Speaking adalah dengan terus menambah wawasan Anda. Karena wawasan memegang peran besar dalam mendatangkan ide dan gagasan ketika tes berlangsung.

6. Belajar untuk cepat menemukan ide dan gagasan

Coba melatih diri Anda untuk menemukan beragam tema dan mencari ide serta gagasan dari tema tersebut. Semakin sering Anda melatih diri Anda akan semakin cepat melakukannya.

7. Melatih diri menyampaikan gagasan dengan sistematis

Kadang ide dan gagasan sudah ada di kepala, tetapi Anda tidak tahu bagaimana menyampaikannya dengan tepat, sehingga terkesan berantakan di telinga pendengar. Jadi cobalah bicara dengan runtun dan sistematis.

Melakukan latihan untuk persiapan tes TOEFL iBT Speaking memang lebih rumit dari persiapan tes TOEFL lain. Ini terkait dengan lebih kompleksnya tes ini yang mencakup beberapa aspek sekaligus. Tetapi ketika Anda menguasai kemampun speaking Anda, maka otomatis Anda sudah mengasah kemampuan Anda yang lain secara langsung.

Share this:

Advertisement
Cara Mempersiapkan diri Untuk Tes TOEFL iBT Speaking | admin | 4.5
Leave a Reply