Grammar Dasar Bahasa Inggris, Apa Arti Kata Expletive?

Saturday, January 31st, 2015 - Grammar

Kata expletive memang tidak banyak dibahas dalam beragam ilmu grammar dasar bahasa Inggris. Ini karena beberapa di antaranya tidak sepenuhnya bisa diterima dalam bahasa formal. Sebenarnya kata expletive ini memiliki makna kata lontaran, sehingga kerap muncul dalam kalimat sekedar sebagai tambahan tanpa ada makna dari penambahan tersebut

Meski dalam prakteknya , penggunaan kata-kata yang masuk dalam kategori ini juga bisa memberi efek pemaknaan dalam kalimat. Atau setidaknya memberi efek rasa atas makna kalimat. Semacam imbuhan yang lebih berfungsi sebagai nilai emosi dari kalimat saja.

Anda ingin tahu dengan grammar dasar bahasa Inggris, kata expletive…?

grammar dasar bahasa Ingris, kata expletive.

grammar dasar bahasa Ingris, kata expletive.

 

Beberapa kata expletive memang identik dengan sumpah serapah dan makian. Itu sebabnya tidak banyak yang membahas kata-kata expletive dalam ilmu grammar dasar bahasa Inggris. Namun kebanyakan fungsi dari expletive lebih sebagai kata yang memberi semacam sinyal penekanan atas sebuah bagian dari kalimat.

Sebuah frase lama “expletive deleted” merupakan satu bentuk dari penggambaran awam akan kata-kata expletive yang disamakan dengan kata kasar tidak senonoh (profanity). Frase tersebut memiliki makna bahwa semua kata kasar dalam dokumen atau rekaman sudah dihapus dan mutlak tidak akan dimunculkan. Pemahaman sempit inilah yang kemudian juga menyempitkan kata expletive hanya pada ranah kasar macam damn, shit, hell, fuck, gees dan sebagainya.

Padahal rupanya kata expletive menurut tata bahasa baku dan leksikon standar tida hanya berkutat pada kata-kata seruan sara makian macam di atas. Bahkan kata-kata di atas secara informal juga tidak sempit bermakna makian.

Kerap kali kata expletive  ini hanya muncul sebagai sinyal tambahan atas emosi dari kalimat atau penekanan satu bagian dari kalimat atau kadang juga dikenal dengan kata expletive attribute.. Untuk penggunaan kata expletive makian ini pada kalimat non formal Anda bisa lihat di sini.

I need this damn food.
Aku sangat menginginkan makanan itu.
(kata damn tidak muncul sama sekali pada pemaknaan hanya sebagai sinyal emosi)

Why on hell she like to drive that fast?
Kenapa dia suka sekali menyetir dengan cepat?
(Kata hell sama sekali tidak muncul dalam pemaknaan, sekali lagi hanya karena fungsi sinyal emosi)

Diluar karakter dasar dari kata expletive yang sarat dengan makna tidak senonoh, rupanya kata expletive juga terdiri dari jenis kata-kata standar yang berfungsi sama halnya dengan penggunaan kata tidak senonoh tadi dalam kalimat. Penambahannya dalam kalimat lebih sebagai fungsi sinyal penekanan dan sinyal emosi tanpa mempengaruhi makna kalimat secara keseluruhan. Anda bisa meliat contohnya sebagai berikut ini :

Expletive Sintatik

Kata expletive dalam kategori sintatik tidak memiliki makna signifikan yang mempengaruhi makna kalimat. Namun ada efek penekanan yang membuat kalimat semakin mudah dipahami.

Misalkan pada contoh berikut :

There are many people standing in front of the gate.
Banyak orang sedang berdiri di depan pintu gerbang
Kata there are tidak memiliki makna apapun, bahkan tidak mengurangi esensi kalimat sama sekali bila Anda hilangkan seperti

Many people standing in front of gate
Banyak orang sedang berdiri di depan pintu gerbang

Expletive pronouns

Memang fungsi kata expletive di sini sebagai kata ganti. Namun fungsinya sebenarnya samar dan tidak mempengaruhi makna dari seluruh kalimat.

Anda bisa lihat dalam contoh berikut ini :

This is understood that the school were builded.
everyone is understand that the school were builded.
Makna dari keduanya sama yakni
Semua orang sudah tahu kalau sekolah sedang di bangun.

Inilah grammar dasar bahasa Inggris mengenai kata expletive yang bisa menjadi rujukan Anda dalam mendalami bahasa Inggris.

Share this:

Advertisement
Grammar Dasar Bahasa Inggris, Apa Arti Kata Expletive? | admin | 4.5
Leave a Reply