Cara Efektif Untuk Siap Tes TOEFL iBT Listening

Sunday, October 26th, 2014 - TOEFL
Advertisement

Tes TOEFL IBT Listening adalah salah satu dari serangkaian tes dari model tes TOEFL iBT yang kini lebih marak digunakan sebagai standar TOEFL modern dengan kualifikasi lebih tinggi. Hanya saja sesuai dengan standar kualitas yang dianggap lebih baik, maka aspek penilaian dalam setiap tes terbilang lebih detil dengan beberapa penekanan yang lebih mendetil.

Itu sebabnya untuk siap tes TOEFL iBt Listening Anda perlu mempersiapkan diri lebih dalam ketimbang dari mempersiapkan tes TOEFL konvensional. Ada beberapa langkah strategis yang efektif untuk mampu meningkatkan kemampuan Anda dalam mendengar dan menangkap gagasan dalam pembicaraan yang Anda dengar dengan hasil memuaskan.

Dan inilah beberapa cara efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengar dan mencerna kata-kata yang Anda dengar untuk lebih siap tes TOEFL iBt Listening

1. Perkaya diri Anda dengan vocabulary

Seperti sudah kami sampaikan dalam berbagai tips kami seputar tes TOEFL iBT, maka masalah perbendaharaan kata selalu menjadi aspek terpenting dalam proses persiapan. Karena di sini Anda akan berhadapan dengan beragam kata yang mungkin saja jarang Anda dengar, terlalu dekat dengan dunia ilmiah dan asing sama sekali sebelumnya. Dan kabar buruknya kata-kata baru ini bukan Anda baca tetapi Anda dengar dan ini akan meningkatkan kesulitan beberapa kali lipat bila Anda tidak melatih kemampuan Anda.

Terkait : Cara Efektif Menghafal Vocabulary Untuk Menghadapi Tes TOEFL

2. Asah telinga Anda dengan bahasa Inggris

Telinga Anda sudah terbiasa dengan bahasa Indonesia dan untuk itu Anda perlu melatih telinga Anda mendengar kata-kata dalam bahasa Inggris dan membuatnya lebih peka. Cara sederhananya adalah dengan lebih rutin mendengarkan siaran radio dalam bahasa Inggris dan menonton film atau tayangan televisi dalam bahasa Inggris. Semakin terbiasa telinga Anda mendengar ucapan bahasa Inggris maka semakin mudah Anda memahami setiap kalimat yang diucapkan secara reflek.

3. Alihkan pendengaran Anda pada rekaman pembicaraan ilmiah

Jangan selalu menonton film atau sekedar mendengar siaran radio yang biasanya menggunakan bahasa Inggris ringan dan sehari-hari. Alihkan pendengaran Anda pada siaran berita, liputan formal, debat, bahkan rekaman kuliah formal berbahasa Inggris. Ini akan membantu telinga Anda menangkap kata-kata ilmiah yang diucapkan dengan lebih fasih.

4. Latih kepekaan dalam menemukan gagasan, ide dan kalimat kunci

Sebagaimana dalam proses reading, Anda di sini juga diminta untuk menangkap pesan, kata-kata dan kalimat kunci, gagasan, ide dan pesan yang disertakan dalam  pembacaan yang Anda dengar. Sedikit lebih sulit dari sekedar membaca, namun dengan latihan rutin, Anda tetap bisa menemukan gagasan dan kalimat kunci ini dengan mudah, sama mudahnya dengan menemukannya pada tulisan.

Terkait : Tips Sukses Mengerjakan Tes TOEFL Reading Comprehension

5. Gunakan catatan

Satu lagi yang tidak boleh Anda abaikan adalah selalu catat setiap gagasan, ide, pesan dan kalimat kunci yang Anda temukan untuk bisa membantu Anda menemukan gagasan dari paragraf atau pembacaan sebelumnya, ketika Anda perlukan.

6. Selalu pahami konstruksi

Hindari kecenderungan Anda untuk terburu-buru dan tidak fokus sampai mengabaikan unsur konstruksi yang karena tidak ditulis maka hanya bisa Anda dengar sekali ketika dibacakan. Ketika Anda mengabaikannya, maka otomatis Anda tidak akan mengetahui apa yang diperintahkan untuk Anda kerjakan.

Kini siapkan diri Anda dengan sematang-matangnya dalam untuk lebih siap tes TOEFL iBT Listening dengan cara-cara diatas dan buktikan bagaiaman tips-tips di atas sangat efektif meningkatkan kemampuan Anda dan menghasilkan nilai yang memuaskan. Baca ini sebelum tes TOEFL : Alasan Dibalik Gagalnya Seseorang Menghadapi Tes TOEFL

Share this:

Advertisement
Cara Efektif Untuk Siap Tes TOEFL iBT Listening | admin | 4.5
Leave a Reply