Cara Efektif Menghafal Vocabulary Untuk Menghadapi Tes TOEFL

Wednesday, October 15th, 2014 - TOEFL

Dalam waktu dekat Anda akan menghadapi tes TOEFL dan Anda bingung persiapan kunci apa yang harus Anda lakukan dalam menghadapi tes TOEFL yang memang terkesan berat dan mengerikan itu? Rupanya kunci utama sukses dengan tes TOEFL hanya sederhana dan di sini kami akan membantu Anda menemukan cara efektif sukses menghadapi tes TOEFL.

Untuk sukses dengan tes TOEFL Anda, Anda harus memperbanyak menghafal vocabulary alias kosa kata dalam bahasa Inggris. Bahkan lebih dari sekedar menghafal karena di sini Anda juga dituntut untuk memahami konsep kata itu sendiri, fungsi, bentuk-bentuknya, hingga penggunaannya dalam kalimat.

Anda pasti membayangkan betapa beratnya menghafalkan setiap kosa kata dalam bahasa Inggris dengan sembari memahami konsep-konsep detil grammar dari tiap kosa kata tadi. Sudah pasti akan sangat membosankan.

Untuk itu jangan lakukan cara kuno yang sama sekali tidak efektif itu. Cobalah beberapa cara efektif berikut ini, Anda akan lebih mudah menghafal dan memahami setiap kosa kata serta lebih siap menghadapai tes TOEFL.

Cara Efektif Menghafal Vocabulary Untuk Menghadapi Tes TOEFL

Cara Efektif Menghafal Vocabulary Untuk Menghadapi Tes TOEFL

1. Rajin membaca teks formal

Membaca teks formal dari jurnal, karya ilmiah atau pemberitaan formal di koran-koran bisa menjadi alternatif terbaik untuk menambah kosakata lengkap dengan bentuk dan cara penggunaannya dalam kalimat. Cara ini juga akan sangat membantu Anda melatih kemampuan Anda dalam membaca dan memahami teks.

2. Selalu sanding kamus dan catatan

Setiap kali Anda menemukan kosakata baru, pahami dengan baik makna-maknanya, cara pengucapannya, serta kemungkinan maknanya bergeser atau malah berubah drastis dalam beberapa penggunaan dalam kalimat. Catat setiap kosakata baru lengkap dengan semua detail ini, karena bagaimanapun ingatan Anda punya batas dan tidak akan mampu menampung setiap tambahan kosakata yang Anda dapatkan.

3. Luangkan waktu untuk mengulas ulang catatan Anda

Jangan hanya menambah kosakata baru dalam catatan Anda, tetapi juga luangkan waktu untuk benar-benar menghafalnya. Karena kalau Anda tidak menyempatkan diri mengulas ulang catatan Anda, maka Anda bisa saja lupa apalagi kalau Anda memang sudah mendapatkan begitu banyak kosakata baru.

4. Coba Latih kemampuan Anda menggunakan kosakata

Cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan Anda dalam menghafal dan memahami kosa kata baru adalah dengan mempraktekannya. Latih kemampuan menulis Anda sekaligus hafalan dan pemahaman Anda dengan menulis essay singkat yang memuat kata kata baru tadi. Setelah itu asah kemampuan Anda dalam pronounciation dengan membaca ulang essay yang Anda buat tadi. Ini akan membantu Anda mengasah kemampuan pengucapan yang tepat. Coba hafal bentuk-bentuk kalimat yang sudah Anda susun sehingga Anda mudah memahami bentuk-bentuk kalimat serupa dengan kosakata yang sama di kemudian hari.

5. Cobalah lebih rajin dalam menonton TV dan berita

Anda juga harus mengasah kemampuan Anda mendengar demi menghadapi tes TOEFL Listening, jadi asah pula telinga Anda untuk bisa menangkap kosakata tersebut ketika diucapkan. Anda bisa menonton TV, menyaksikan film, berita, liputan atau apapun acara TV dalam bahasa Inggris untuk mendukung proses ini. Menyaksikan TV seperti ini juga selain membantu Anda melatih telinga lebih peka menangkap kata juga membantu Anda menemukan cara pengucapan yang tepat.

Sekarang Anda siap menghadapi tes TOEFL tanpa lagi harus khawatir kan? Siapa bilang tes TOEFL itu menyeramkan, selama Anda fokus dengan latihan Anda maka Anda bisa dengan mudah menghadapi tes TOEFL ini. Dan bukan mustahil mencapai nilai memuaskan dengan tes TOEFL Anda. Baca Alasan Dibalik Gagalnya Seseorang Menghadapi Tes TOEFL

 

Share this:

Advertisement
Cara Efektif Menghafal Vocabulary Untuk Menghadapi Tes TOEFL | admin | 4.5
Leave a Reply