Belajar Tata Bahasa Inggris Lanjut, Mengenal Kata Prepotition

Sunday, October 19th, 2014 - Bahasa Inggris Dasar, Grammar

Jangan selalu terpaku membicarakan soal 16 tenses sentence ketika Anda belajar tata bahasa Inggris dan grammar dasar. Karena sebenarnya soal grammar dalam bahasa Inggris lebih kompleks dari sekedar 16 tenses dan kadang tidak terlalu menjadi perhatian Anda karena dianggap kurang begitu penting. Salah satunya adalah Kata Prepotition.

Belajar Tata Bahasa Inggris Lanjut, Mengenal Kata Prepotition

Padahal semua bagian dari sistem tata bahasa baku dalam bahasa Inggris memiliki peran besar dalam membentuk struktur bahasa yang tepat. Itu sebabnya kali ini kembali kami akan mencoba mengulas mengenai berbagai aspek dalam grammar bahasa Inggris.

Salah satunya adalah pembentukan kalimat preposition. Kalimat preposition adalah kalimat yang memuat kata preposition alias kata depan. Kata depan biasanya berfungsi sebagai kata penunjuk keterangan bagi suatu benda atau objek.

Secara umum fungsi dari kata depan atau kata preposition adalah sebagai penyambung atas dua struktur kalimat. Biasanya struktur kalimat pertama mengandung objek sedang pada kalimat kedua, terdapat informasi yang menerangkan objek dari kalimat pertama.

Misalkan saja pada kalimat Kata Prepotition dibawah ini:

I Like reading a book with contain of inspirable story.

Kalimat di atas artinya :

Saya suka membaca buku dengan kandungan cerita yang inspiratif.

sebenarnya terdiri dari dua kalimat yakni :

I like reading a book dan The Book is contain of inspirable story

Saya suka membaca buku dan buku itu mengandung cerita yang inspiratif

Pada dasarnya terdapat beragam macam kata preposition dengan beragam fungsi dalam penyambungan kalimat yang dibentuknya. Mulai dari fungsi keterangan waktu, keterangan lokasi, keterangan kondisi, keterangan sifat hingga keterangan pelaku atau pemilik.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pembagian dari kata preprosition untuk lebih jelas dalam belajar tata bahasa Inggris lanjutan :

1. Simple preposition

Kata sambung dengan bentukan sederhana dengan segala fungsinya. Kata depan dengan model simpel ini terdiri dari banyak model seperti ; at (di), over (di atas), on (pada), in (di, dalam), up (ke atas, ke), under (di bawah),by (oleh, pada, dengan, di dekat), for (untuk, selama, bagi, karena), from (dari), of (dari), through (melalui), to (kepada), off (lepas dari, jauh), until (sampai, after (sesudah), before (sebelum), with (dengan, pada) dan sebagainya.

2. Double Prepasition

Kata depan ganda ini berfungsi sama dengan kata depan single hanya saja dalam format yang lebih kompleks karena menggabungkan dua kata depan, seperti ; onto (di atas), into (ke dalam), over against (bersandar di/kepada), from under (dari bawah), from off (lepas dari), from within (dari dalam),from among (dari antara), dan sebagainya.

3. Compound Preposition

bentuk preposisi gabungan yang dibentuk dari kata non preposition standar, seperti dari kata noun, adjective dan adverb yang digabung dengan “be” dan “a” sebagai bentuk turunan preposition seperti ; along (sepanjang), about (di sekitar, tentang),amidst (on middle = di tengah-tengah), between (di antara dua),across (on cross = di seberang), behind (di belakang), above (di atas), before (di muka), amongst (di antara lebih dari dua), below (di bawah), beneath (di bawah), beside (di sebelah, di samping), besides (selain), beyond (di luar), but (kecuali), within (dalam), without (tanpa) dan sebagainya.

4. Participal Preposition

bentuk kata preposition yang bersifat turunan dari kata kerja dan kata keterangan lain seperti ; during (selama), past (lewat), except (kecuali), considering (mengingat), regarding (mengenai), concerning ( tentang), depending (tergantung)

5. Phrase Preposition

Susunan kata yang terdiri dari dua atau lebih kata yang tersusun dari beberapa kata keterangan disertai tobe juga bisa menjadi sebuah kalimat preposition dengan fungsi yag sama dengan kata preposition ; because of (karena), for the sake of (demi), in place of (menggantikan atas), in front of (didepan dari), in point of (tentang) dan sebagainya.

Itulah tadi beberapa informasi terkait pemahaman kata preposition sebagai salah satu aspek penting belajar tata bahasa Inggris lanjutan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Share this:

Advertisement
Belajar Tata Bahasa Inggris Lanjut, Mengenal Kata Prepotition | admin | 4.5
Leave a Reply