Cara Mudah Untuk Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Wednesday, May 7th, 2014 - Percakapan Bahasa Inggris

Sebenarnya belajar percakapan bahasa inggris beberapa kali lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan belajar menulis dan grammar. Kunci utamanya adalah kepercayaan diri. Bahkan Anda bisa rehat sejenak dari kebakuan grammar dan tenses bila itu membebani Anda untuk berbicara.

Tapi percaya diri tinggi saja tidak cukup kalau Anda memang tidak cukup memiliki modal untuk berbicara. Untuk itu, Anda perlu memodali diri Anda dengan kemampuan bicara dalam bahasa inggris. Jangan Anda kira untuk memiliki kemampuan macam ini Anda perlu berusaha ekstra keras. Sebenarnya asal Anda tekun dalam 3 bulan saja Anda sudah bisa mendapatkan kemampuan percakapan dengan baik. Apa saja cara untuk belajar percakapan bahasa inggris?

percakapan bahasa inggris, belajar percakapan bahasa inggris

belajar percakapan bahasa inggris

1. Manfaatkan kaset “listening and following

Anda bisa belajar cara pengucapan yang tepat dari kaset macam ini. Sebenarnya kaset ini termasuk dalam paket belajar TOEFL. Dari sini Anda bisa memperbaiki kemampuan pengucapan Anda secara perlahan. Luangkan setidaknya 20 menit sehari selama setidaknya 3 minggu untuk bisa menunjukan hasil.

2. Perbanyak kosakata

Anda bisa saja akan tersesat ketika memulai perbincangan karena Anda kehilangan kata-kata. Jadi untuk mencegahnya coba untuk terus menambah perbendahaaran kata Anda. Jangan ragu untuk banyak menonton film, serial, berita, liputan, mendengarkan radio, music, talkshow dan sebagainya dalam bahasa inggris. Dari sini Anda bisa menambah perbendaharaan kata sembari mengetahui cara pengucapan yang tepat, dan penggunaan kata tersebut dalam kalimat dengan cara yang tepat.

3. Manfaatkan kaset “ listening and answer

Pada tahap lanjut setelah Anda mulai nyaman dengan cara pengucapan bahasa inggris, coba gunakan kaset kedua ini. Di sini Anda akan mendengarkan pernyataan, kemudian mendengar pertanyaan terkait pernyataan tadi dan menjawabnya. Ini memberi Anda kemampuan untuk menyusun sendiri kata-kata Anda. Latihan ini akan memberikan peningkatan yang baik dalam kemampuan Anda melakukan percakapan sederhana.

4. Gunakan model point of view story

Ini cara yang mudah untuk memahami grammar. Hanya saja model ini kadang kurang populer. Konsepnya adalah menyampaikan sebuah cerita pendek dalam dua waktu. Jadi Anda bisa mendengarkan cerita dengan waktu sekarang yang artinya menggunakan present tense dalam penyampaiannya dan mendengarkan cerita yang sama namun dengan waktu lampau, artinya dengan menggunakan past tenses.  Ini membantu Anda membedakan dua sisi waktu dan memudahkan Anda memahami grammar percakapan dengan sederhana.

5. Jangan terlalu terikat dengan buku materi

Terlalu terikat dengan materi dalam buku pelajaran akan membuat Anda terlalu kaku dalam melakukan percakapan. Selain itu kadang materi di dalamnya terlalu berat untuk percakapan. Coba gunakan buku ringan seperti majalah, novel,atau temukan fanfiction di internet. Ini membantu Anda lebih mudah memahami inggris dalam bahasa keseharian.  Tulisan ini akan mengimbangi Anda dalam belajar bicara.

6. Jangan ragu memulai

Sudah mendengarkan, sudah mencoba bicara sendiri dan sudah mempersenjatai diri dengan kosakata yang lengkap. Anda tetap tidak akan berkembang sampai manapun tanpa mencoba mempraktekannya. Jangan ragu untuk menemukan rekan atau native speaker yang bersedia menjadi rekan bicara Anda. Misalkan dengan mengajak adik atau kakak untuk janjian bicara dalam bahasa inggris selama 2 minggu. Misalkan Anda dan saudara Anda belum mampu bicara dengan baik, itu bukan masalah selama Anda berdua bisa saling memahami kalimat lawan bicara.

Kini dengan mencoba menjalankan 6 cara belajar percakapan bahasa inggris ini selama setidaknya 3 bulan, Anda pasti akan menunjukan kemampuan bicara yang meningkat pesat. Siapa bilang bahasa inggris sulit?

Share this:

Advertisement
Cara Mudah Untuk Belajar Percakapan Bahasa Inggris | admin | 4.5
Leave a Reply