Belajar Bahasa Inggris Grammar Dasar, Grammar Bukan Hanya Soal Tenses

Tuesday, May 6th, 2014 - Bahasa Inggris Dasar

Bicara soal grammar rupanya memang selalu mengingatkan orang akan kerumitan tenses. Tenses memang bagian dari grammar, tetapi ketika Anda belajar bahasa inggris grammar dasar, maka tenses hanya satu dari sebagian ilmu grammar.

Beberapa bagian dari grammar memang bersifat mendasar. Anda perlu memahami konsep dasar ini dulu sebelum melangkah untuk memahami 16 tenses. Karena 16 tenses meliputi pula penggunaan grammar dasar tersebut. Untuk itu, belajar bahasa inggris grammar dasar bersifat utama dalam memahami bahasa inggris. Selain akan memudahkan Anda memahami tenses, juga karena gammar dasar ini masih sering digunakan dalam bahasa keseharian ketimbang 16 tenses yang baku tadi.

Bahasa inggris, grammar bahasa inggris, belajar bahasa inggris dasar

belajar bahasa inggris dasar

Apa saja bagian dari materi belajar bahasa inggris grammar dasar?

1. Kata bantu To be

Dalam banyak kalimat berbahasa inggris, Anda pasti sering menemukan penggunaan kata is, are, am, was dan sebagainya. Inilah to be. Fungsi to be adalah sebagai kata penunjuk subjek. Seperti kata  I’am  a student” am di sini sebagai penunjuk subjek I. Dalam penerapan tenses nantinya Anda akan menemukan penggunaan kata were atau was yang merupakan bentuk kedua dan ketiga dari to be, untuk Anda gunakan dalam kalimat continuous tense dan past tense.

2. Kata ganti (pronoun)

Grammar sederhana yang pasti tidak asing adalah penggunaan kata ganti orang atau benda. Seperti I, you, he, she, we, it. Kata ganti terbagi dalam 3 kategori yakni sebagai subject pronouns, adjective pronouns dan possessive pronouns. Perbedaanya terletak pada fungsi kata sebagai penanda kepemilikan. Misalkan “I” pada subjective pronouns, akan menjadi my pada adjective pronouns dan menjadi “mine” pada possessive pronouns.

3. Kata ganti penunjuk (demonstrative Pronouns)

Kata ganti ini berfungsi sebagai pengganti subjek. Kata ganti penunjuk terdiri dari this, that, there dan those. Fungsinya sebagai penunjuk jarak antara subjek denga objek dan bentuk pembedaa bentuk jamak dan tunggal.

4. Kalimat positif, negative dan interrogative

Ada 3 jenis kalimat dalam bahasa inggris dengan perbedaan kecil di antaranya. Pahami konsep ketiganya dengan contoh berikut :

+ = she is a best student.

–  = she is not a best student

?  = is she a best stundent?

Dalam penggunaan kalimat positif, negative dan kalimat tanya, perbedaan terletak pada posisi kata to be dan penambahan kata not sebagai penanda negatif.

Pada bab kalimat Tanya, terdapat pula kata ganti tanya seperti where, why, who, what, when dan whose. Bila dalam kalimat tanya dengan to be, Anda perlu menjawab dengan kata yes atau no, maka dalam konsep kedua Anda dimita menjelaskan.

5. Kata modal

Dalam bahasa inggris terdapat pula kata pengganti to be dengan makna yang berbeda, yakni can, may, will dan shall. Ke empatnya memiliki makna berbeda,

can         = bisa
may       = boleh
will         = akan
shall       = sebaiknya

penggunaannya sama dengan Anda menggunakan to be baik dalam kalimat positif, negatif dan kalimat Tanya. hanya saja dengan makna kalimat yang berbeda. Misalkan :

I will find my book
I will not find my book
will I find my book?

6. Kata kerja

Dalam bahasa inggris, kata kerja memiliki peran besar dalam pembentukan kalimat. Kata kerja sendiri dibagi dalam beragam bentuk kata, baik verbal satu, verbal 2 dan verbal 3, seperti go, went dan gone. Bentuk kata-kata kerja berkaitan dengan konsep tenses nantinya.

Itulah beberapa bahan belajar bahasa inggris dasar untuk Anda yang ingin belajar otodidak bahasa inggris atau Anda yang menghadapi si kecil belajar bahasa inggris.} else {

Share this:

Advertisement
Belajar Bahasa Inggris Grammar Dasar, Grammar Bukan Hanya Soal Tenses | admin | 4.5
Leave a Reply