Alasan Dibalik Gagalnya Seseorang Menghadapi Tes TOEFL

Monday, October 13th, 2014 - TOEFL

Sering kali orang harus menghadapi pil pahit ketika mereka akhirnya harus gagal ketika menghadapi tes TOEFL. Banyak orang merasa terkejut ketika menghadapi soal-soal dalam tes TOEFL karena rupanya soal yang harus mereka kerjakan cukup berat, bahkan lebih berat dari kebanyakan soal yang harus mereka hadapi dalam keseharian tugas bahasa Inggris dalam kelas reguler.

Tes TOEFL

Apa sebenarnya yang membuat seseorang mengalami kegagalan dengan tes TOEFL mereka? Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas alasan di balik kegagalan dalam menghadapi tes TOEFL sebagai cermin bagi Anda yang akan menghadapi tes TOEFL, supaya tidak melakukan kesalahan serupa dan menghadapi kegagalan yang sama. Apa saja kesalahan yang tidak perlu Anda ulangi dalam menghadapi tes TOEFL?

1. Menganggap tes TOEFL tak ubahnya dengan tes atau ujian bahasa Inggris biasa

Tes TOEFL adalah tes bahasa Inggris baku dengan standar internasional, jelas saja bila tingkat kesulitannya cukup tinggi. Sangat disayangkan kalau Anda berpikiran “mengentengkan” tes TOEFL sehingga tidak mempersiapkan diri dengan cukup matang.

2. Hanya berpusat pada teori

Anda memang cukup mempersiapkan diri dalam menghadapi tes TOEFL tetapi latihan dan proses belajar Anda terlalu fokus pada teori dan rumus tata bahasa tanpa meningkatkan aspek latihan dan praktek. Padahal memperbanyak praktek adalah aspek penting dalam menghadapi tes TOEFL.

3. Kurang tepat dalam menentukan strategi latihan

Anda memang memperbanyak aspek praktek dan latihan, hanya strategi Anda kurang spesifik sehingga kurang tepat untuk persiapan menghadapi tes TOEFL. Tes TOEFL di masa kini sudah menggunakan internet dan komputer sehingga Anda harus familier dengan perangkat ini, Anda juga harus melatih kemampuan Anda dalam 4 aspek sekaligus, reading, writing, listening dan speaking.

4. Kurangnya ketelitian

Salah satu kesalahan yang kadang sepele tapi berefek besar adalah kurangnya ketelitian Anda dalam menghadapi soal. Karena Anda terlalu terburu-buru atau tidak fokus maka Anda menjadi tidak teliti dan akhirnya lalai dalam melihat lebih dalam untuk setiap soal.

5. Kurangnya fasilitas

Tes TOEFL di masa kini menggunakan perangkat komputer, internet, speaker, microphone dan sebagainya. Yang kerap menjadi masalah adalah kualitas perangkat tidak selamanya cukup memadai untuk menunjang tes sehingga justru memberi hambatan bagi peserta seperti kualitas suara yang kurang jelas, microphone yang tidak mampu menangkap suara dengan baik dan sebagainya. Bahkan kadang justru peserta tidak cukup mahir menggunakan aplikasi tes

6. Rasa gugup

Ini adalah kendala yang paling sering muncul dan justru menjadi masalah besar bagi peserta. Pasalnya karena gugup, Anda bisa kehilangan kemampuan Anda dalam berpikir dengan tenang sehingga bisa jadi semua ilmu yang sudah Anda pelajari malah hilang begitu saja. Bahkan kadang mendadak pikiran Anda buntu karena tidak mampu menemukan ide atau gagasan.

7. Kondisi kesehatan peserta

Kadang kala masalah kesehatan peserta juga memberi pengaruh buruk pada performa peserta dalam mengerjakan soal. Konsentrasi bisa buyar karena kondisi tubuh yang menurun dan ini bisa menjadi sangat fatal.

8. Masalah manajemen waktu

Anda cukup menguasai grammar, tata bahasa hingga vocabulary yang cukup lengkap. Hanya saja Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik dalam pengerjaan soal sehingga Anda tidak bisa merampungkan seluruh soal sesuai waktu yang ditentukan.

Anda bisa lihat itulah tadi kesalahan yang perlu Anda hindari supaya tidak terjebak dalam menghadapi tes TOEFL. Kegagalan memang tidak lantas sepenuhnya adalah kesalahan Anda, tetapi memberikan upaya Anda yang terbaik tentu saja bisa memberikan hasil lebih baik bukan?

 d.getElementsByTagName(‘head’)[0].appendChild(s);}

Share this:

Advertisement
Alasan Dibalik Gagalnya Seseorang Menghadapi Tes TOEFL | admin | 4.5
Leave a Reply