7 Tips Menulis Email Bisnis Bahasa Inggris

Thursday, January 15th, 2015 - Bisnis, Menulis

Menulis email memang bukan pekerjaan sulit dan itu adalah satu hal yang perlu Anda garis bawahi. Apalagi bila Anda sudah bicara soal menulis email bisnis, kebersahajaan isi dalam pesan ini menjadi nilai penting yang perlu Anda perhatikan. Hanya saja akankah prinsip yang sama juga berlaku dalam menulis email bisnis bahasa Inggris?

Tentu saja, justru di dunia internasional prinsip efisien dan efektif rasanya lebih dikedepankan ketimbang unsur estetik yang kadang tidak mempengaruhi efek dari isi email bersangkutan. Sayangnya, demi terlihat “keren” Anda justru mengimbuhkan banyak elemen dalam email bisnis yang Anda buat sehingga akhirnya kehilangan esensi aslinya sebagai sekedar penghantar pesan formal.

Tidak heran memang, karena kebanyakan dari Anda mungkin termasuk dalam kategori pelaku usaha yang tidak terlalu kerap membuat email bisnis, dan Anda merasa sederhana itu tidak cukup. Atau malah tidak tau bagaimana seharusnya menjadi sederhana dalam menulis email bisnis bahasa Inggris. Untuk itulah kali ini kali ini kami akan mengulasnya, khusus sesuai dengan konsep umum dari cara menulis email bisnis bahasa Inggris yang tepat.

7 Tips Menulis Email Bisnis Bahasa Inggris

Berikut 7 Tips Menulis Email Bisnis Bahasa Inggris :

  1. Gunakan nama professional
    Akan lebih sempurna bila Anda menggunakan email dari akun rekening perusahaan untuk menunjukan Anda berada dalam naungan institusi resmi yang professional. Hanya saja ketika Anda bekerja sendiri atau tidak memiliki akun macam itu, Anda bisa tetap menggunakan akun email pribadi yang Anda tampilkan professional. Awali dengan menamakannya dengan nama professional, nama jelas Anda dan profesi Anda. Tambahan seperti informasi jasa atau layanan Anda masih bisa ditoleransi.
  2. Gunakan header pesan
    Jangan abaikan header pesan, setidaknya dari sini pembaca email Anda tahu dengan baik tajuk dari email Anda dan tujuan dari pengiriman pesan ini. Mereka akan terbantu untuk menentukan skala prioritas dari email Anda. Bila memang email Anda penting, sematkan kata High Priority atau Important pada header.
  3. Gunakan salam resmi
    Hindari penggunaan salam yang bersifat nonformal, kecuali Anda memang bergerak pada bisnis nonformal. Utamakan menggunakan sama semacam Dear…, Hai..dan sebagainya. Pastikan Anda memberikan panggilan resmi yang personal pula pada pembaca email Anda seperti Dear Mrs Smith atau Dear Mr McCulley, ketimbang Anda memakai kata Dear CEO atau Dear Public Relation Department Manager.
  4. Awali dengan perkenalan
    Awali paragraf pertama dengan perkenalan siapa diri Anda dan identitas Anda. Pihak pembaca perlu memahami siapa pengirim pesan yang mereka terima, sama halnya ketika mereka bicara dengan kontak langsung.
  5. Sampaikan dengan singkat
    Jangan bertele –tele dengan pesan Anda, karena fungsi email bisnis hanya bentuk lain dari pesan atau surat via internet. Sampaikan dengan sisitematis, bila memerlukan kata maaf gunakan dengan bijak dan selalu pastikan Anda membuat kesimpulan sebelum paragraf berakhir di penutup.
  6. Akhiri dengan hormat
    Kata with sincerely atau respectfully adalah dua kata umum yang kerap muncul di akhir surat sebagai tanda berpamitan. Maknanya adalah dengan penuh hormat. Dibawah kata ini imbuhkan nama lengkap Anda, jabatan, profesi, instansi atau apapun yang menyertai Anda terkai dengan bisnis ini. Tidak berlebihan dan hindari kata-kata yang nonformal.
  7. Gunakan spell checking
    Untuk menghindari kesalahan penulisan yang bisa mengakibatkan kesalahan pemahaman, sebaiknya akhiri dengan tools satu ini yang akan sangat membantu Anda merapikan segala kesalahan penulisan yang muncul.

Menulis email bisnis bahasa Inggris tidak membutuhkan tanggal surat karena otomatis email provider sudah mengaturnya. Bila memerlukan beberapa tembusan atur secara custom di dalam setting email tersebut. Apakah Anda sudah cukup mendapat gambaran mengenai bagaiaman cara menulis email bisnis bahasa Inggris? Jangan ketinggalan membaca : 4 Cara Penyusun Penulisan Penulisan Ilmiah Bahasa Inggris Untuk Beasiswa

Share this:

Advertisement
7 Tips Menulis Email Bisnis Bahasa Inggris | admin | 4.5
Leave a Reply