4 Cara Menyusun Penulisan Ilmiah Bahasa Inggris Untuk Beasiswa

Thursday, January 15th, 2015 - Menulis
Advertisement

Mengajukan sebuah beasiswa luar negeri bukan sebuah perkara mudah. Aplikasi yang Anda ajukan tak lebih dari satu dari sekian banyak aplikasi pengajuan lain yang bertumpuk di meja seleksi. Semuanya memiliki prestasi, nilai-nilai dan mungkin beberapa aktivitas andalan yang cukup membanggakan dan bernilai di mata penyelenggara.

Dari sinilah kemudian banyak penyelenggara beasiswa menambahkan persyaratan penulisan ilmiah bahasa Inggris atau essay. Dengan essay ini diharapkan Anda bisa menunjukan nilai Anda yang sebenarnya baik dari sisi kemampuan tata bahasa Inggris yang memenuhi syarat, pemahaman Anda akan subjek pendidikan yang menjadi fokus Anda hingga kemampuan analisa Anda.

Penulisan ilmiah bahasa Inggris adalah salah satu titik penting penilaian di luar wawancara bahasa Inggris yang sudah kami bahas pada kesempatan sebelumnya. Karena di sini Anda akan menunjukan kemampuan Anda secara akademis dalam menalaah masalah, mengupas teori hingga menganalisanya.

Bila Anda memanfaatkan essay ini dengan tepat maka Anda akan membuat aplikasi Anda yang hanya sekedar satu dari setumpuk data aplikasi menjadi lebih “muncul” dan jelas mempengaruhi penilaian terhadap kualifikasi Anda.

Dalam sebuah penulisannya, seorang tenaga pendidikan dari University of Minnesota, Matt Konrad mengatakan ada 4 cara sederhana untuk membuat Anda bisa sukses memberi nilai tambah kualifikasi Anda dengan sebuah penulisan ilmiah bahasa Inggris.

Penulisan Ilmiah Bahasa Inggris

Berikut ini adalah 4 Cara Menyusun Penulisan Ilmiah Bahasa Inggris Untuk Beasiswa :

1. Pahami pembaca dari tulisan Anda

Secara umum memang sebuah penulisan ilmiah untuk pengajuan beasiswa memiliki pembaca orang-orang berlatar belakang akademisi. Tapi secara spesifik mereka biasanya juga berasal dari sebuah institusi, perusahaan atau lembaga tertentu. Pahami latar belakang ini, pahami objek-objek penting yang terkait dengan mereka dan jadikan sebagai objek penulisan Anda. Mereka akan semakin menyukai tulisan Anda bila tulisan Anda memiliki manfaat bagi mereka dan bukan tidak mungkin mengharapkan Anda juga akan memberi manfaat bagi mereka.

2. Lakukan perencanaan

Menulis bagi mereka yang sudah biasa bukan sebuah hal aneh sehingga kadang hanya membuthkan riset singkat dari beberapa literatur sudah mampu menghasilkan tulisan yang memuaskan. Tetapi memuaskan saja tidak akan cukup di sini, jadilah menonjol dan untuk itu Anda harus menemukan objek bahasan istimewa untuk tulisan Anda. Untuk itu jangan sungkan memulai lebih awal dan menggali lebih dalam untuk menghasilkan tulisan yang lebih mendalam, berbeda dan memberi manfaat terutama bagi institusi pemberi beasiswa.

3. Jadikan tulisan Anda lebih personal

Penulisan ilmiah Anda bukan sekedar sebuah penulisan yang sarat informasi terkait dengan objek penulisan. Tetapi juga harus sarat dengan informasi yang menggambarkan kesungguhan Anda dalam menulis. Tujukan intensitas Anda, ketertarikan Anda dan kedalaman Anda dalam menggali informasi dalam penulisan untuk menunjukan Anda bersungguh ketika menulis.

4. Hati-hati dengan tata bahasa

Menulis dalam bahasa Inggris jelas memberi Anda pekerjaan dua kali. Karena Anda harus menulis secara ilmiah dan melakukanya dalam bahasa Inggris. Bagi orang Indonesia yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari ini jelas bukan urusan mudah. Untuk itu kesalahan grammar dan tata bahasa sebenarnya bukan hal yang aneh hanya saja itu bukan sesuatu yang bisa ditoleransi oleh pihak penilaian. Jadi pastikan Anda sudah meneliti dengan baik tata bahasa Inggris dalam penulisan dan bila perlu temukan editor dengan tata bahasa yang cukup mumpuni untuk membantu Anda.

Siap sukses dengan pengajuan beassiwa Anda? Sebelum itu praktekan dulu cara cara penulisan ilmiah bahasa Inggris berikut tadi dan buktikan sejauh mana Anda berhasil dengan 4 cara tadi. Jangan ketinggalan untuk membaca dasar-dasar bahasa inggris yang harus diketahui.

Share this:

Advertisement
4 Cara Menyusun Penulisan Ilmiah Bahasa Inggris Untuk Beasiswa | admin | 4.5
Leave a Reply