10 Tips Menyusun Karya ilmiah Dalam Bahasa Inggris Bagian I

Friday, January 16th, 2015 - Menulis

Menyusun karya ilmiah dalam bahasa Inggris memang bukan perkara mudah. Di sini Anda megerjakan dua pekerjaan, menulis karya imiah dan kemudian menulisnya dalam bahasa Inggris yang notabene bukan bahasa sehari-hari Anda. Sementara itu menulis karya ilmiah sendiri membutuhkan teknik tersendiri karena spesifikasi penulisan yang menyertainya.

Terkait : 4 Cara Menyusun Penulisan Ilmiah Bahasa Inggris Untuk Beasiswa

Di balik itu justru menyusun karya ilmiah dalam bahasa Inggris adalah satu satu poin penting ketika Anda sedang mengajukan beasiswa luar negeri atau pendidikan internasional. Karya ilmiah Anda menjadi salah satu nilai penting yang akan mempengaruhi penilaian layak tidaknya Anda mendapatkan beasiswa luar negeri tersebut.

10 Tips Jitu Untuk Menyusun Karya Tulis Bahasa Inggris Dengan Memikat a

Jadi bila Anda sungguh-sungguh menyusun tulisan ini dengan materi yang matang dan persuasif bukan mustahil akan menjadi kunci Anda memenangkan penilaian. Anda hanya perlu menunggu surat “congratulation” saja dari pihak penyelenggara beasiswa.

Masalahnya banyak dari mereka yang sebenarnya tidak mahir dalam menulis sehingga cukup bingung untuk mengawali menyusun karya ilmiah dalam bahasa Inggris. Dan pada kesempatan ini, kami sengaja mengulik pembahasan dari sebuah website sumber beragam beasiswa internasional www.scholarship.com mengenali bagaimana tips jitu dalam menyusun karya ilmiah dalam bahasa Inggris sehingga mampu menjadi nilai lebih bagi Anda dalam penilaian.

Dan berikut ini 10 Tips Menyusun Karya ilmiah Dalam Bahasa Inggris Bagian I :

1. Bacalah instruksi dengan baik

Biasanya dari pihak penyelenggara mereka sudah menyertakan tata cara penulisan essay karya ilmiah yang sesuai standar kualifikasi mereka. Anda perlu membaca dengan teliti dan cermat untuk memahai seluruh tata cara tersebut supaya tidak ada kesalahan dalam proses penulisan nantinya.

2. Lakukan riset awal

Pahami objek-objek apa yang akan cocok Anda bahas dalam karya ilmiah ini. Bila perlu lakukan riset terhadap instansi yang berdiri dibelakang lembaga beasiswa tersebut untuk menjadi rujukan Anda dalam memilih objek. Anda juga bisa mengulas sesuatu yang sedang trend atau sedang menjadi masalah besar dalam waktu dekat ini, bisa berdasar kondisi terkini di Indonesia atau situasi dunia.

3. Susun gambaran kasar

Seperti ikatakan di atas, lakukan riset awal, temukan data-data dan informasi terkait dan susun secara kasar dalam bentuk draft. Bisa jadi beberapa informasi tidak terpakai nantinya dalam penulisan Anda tetapi setidaknya Anda sudah menyimpannya sebelum nanti Anda terpaksa mencarinya lagi. Tulis pula segal pemikiran Anda yang muncul secara draft untuk nantinya baru di susun ulang.

4. Memulai Penulisan dengan outline

Untuk Anda seorang pemula dalam penulisan ilmiah, sebaiknya mulailah dengan sebuah outline atau garis-garis besar penulisan. Cara ini akan sangat membantu Anda dalam penulisan karena Anda seperti disediakan rel untuk mengatur arah penulisan Anda tanpa harus keluar jalur. Pastikan setiap bagian dari outline yang sudah Anda buat cukup mampu mencakup segala aspek penulisan dan hal-hal yang terkait dengan objek. Dan ingat kembali instruksi dan tata penulisan pada poin satu supaya penulisan Anda sesuai kriteria.

5. Tata data dan informasi

Setelah outline sudah tersusun dengan baik, pindahkah setiap data, informasi dan pemikiran yang sudah Anda jadikan draft tadi dalam setiap poin dari outline sesuai dengan masing-masing bahasan. Pastikan Anda cukup teliti dalam meletakan isi draft Anda supaya tidak menyimpang dari tiap point outline.

Itulah tadi 5 tips pertama dalam menyusun karya ilmiah dalam bahasa Inggris dengan tujuan pengajuan beasiswa. Untuk memenuhi 10 tips sebagaimana kami sebutkan di atas, Anda bisa melihat lanjutan artikel ini di sini. Semoga bermanfaat bagi proses Anda dalam pengajuan beasiswa.} else {

Share this:

Advertisement
10 Tips Menyusun Karya ilmiah Dalam Bahasa Inggris Bagian I | admin | 4.5
Leave a Reply