10 Tips Jitu Untuk Menyusun Karya Ilmiah Bahasa Inggris

Friday, January 16th, 2015 - Menulis

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas 5 tips pertama dari 10 tips dalam menyusun karya tulis ilmiah bahasa Inggris terutama untuk kepentingan pengajuan beasiswa luar negeri. Mengingat adanya beberapa kriteria khusus yang menyertai penyusunan tulisan ilmiah macam ini, kami mencoba mengulas lebih jauh mengenai apa-apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memberikan poin tinggi dalam penilaian Anda melalui karya ilmiah bahasa Inggris yang Anda buat.

10 Tips Menyusun Karya ilmiah Dalam Bahasa Inggris

Tips-tips berikut ini berdasar tips penulisan essay ilmiah untuk beasiswa yang disampaikan dalam sebuah website mengenai beasiswa internasional www.schollarship.com. Dan berikut ini 5 tips terakhir mengenai cara tepat menyusun karya ilmiah bahasa Inggris hingga sukses memikat pandangan dan penilaian para juri.

1. Buat pendekatan personal

Penulisan ilmiah dengan tujuan beasiswa sebenarnya bertujuan untuk menunjukan kualifikasi Anda sebagai pengaju aplikasi. Jadi fokuslah pada pendapat Anda, penilaian Anda dan analisa Anda. Bila perlu tunjukan intensitas Anda terhadap penulisan karya ilmiah ini dengan menunjukan kedekatan Anda dengan objek, karena ini membuat pembaca merasakan kesungguhan Anda.

2. Gunakan bahasa sederhana

Tidak selamanya menulis dengan kata-kata tidak umum dan sarat dengan kalimat-kalimat ilmiah akan memberi nilai lebih bagi sebuah karya tulis. Meski Anda sedang menggarap sebuah karya ilmiah tidak lantas mengharuskan Anda menulis dengan akrobatik, karena sebenarnya pembaca Anda hanya ingin bisa memahami tulisan Anda dengan mudah. Gunakan bahasa ilmiah secara bijak, karena memang kata-kata semacam ini sedikit banyak menunjukan kelas Anda dalam memahami subjek bahasan. Tetapi jangan membuatnya menjadi sulit ditangkap pembaca dan memaksa pembaca harus membolak balik kamus demi memahaminya.

3. Baca ulang tulisan Anda

pastikan tulisan yang sudah Anda buat memang nyaman untuk dibaca, mudah dipahami, tidak lompat-lompat dari topic satu ke topic lain dengan acak. Pastikan Anda sudah menyusun karya ilmiah bahasa Inggris ini sesuai dengan kriteria yang ditetapkan penyelenggara beasiswa. Perhatikan pula lagi outline yang Anda buat untuk memastikan tulisan Anda tidak menyimpang dari outline.

4. Hindari edit bersamaan dengan penulisan

Menulis tidak bisa Anda kerjakan secara bersamaan dengan proses penulisan. Tuliskan dan gabungkan saja pemikiran Anda soal bahasan ini dengan data dan informasi yang sudah Anda kumpulkan menjadi karya tulis yang jadi. Baru kemudian Anda melakukan pengeditan, terhadap tulisan tadi. Karena ketika Anda mengerjakan proses edit sementara di kepala Anda sedang ada sebuah pemikiran terkait bahasan, Anda bisa saja kehilangan pemikiran itu hanya karena pikiran Anda terpecah antara proses edit dan penulisan.

5. Selalu cermat dalam tata bahasa penulisan dan grammar

berhubung bahasa Inggris bukan bahasa sehari-hari Anda, menulis dalam bahasa Inggris memang bukan sebuah pekerjaan mudah dan simpel. Masalahnya masalah bahasa menjadi crusial di sini. Anda bisa terjebak dalam persoalan tata bahasa dan grammar sehingga kualitas tulisan Anda tidak muncul di mata pembaca. Jadi upayakan menemukan beberapa referensi karya ilmiah berbahasa Inggris untuk mejadikannya rujukan dalam penulisan dan bila perlu libatkan seorang dengan kemahiran bahasa Inggris yang cukup baik sebagai editor.

Itulah 10 tips dalam menyusun karya ilmiah bahasa Inggris dengan mudah dan hasil yang mampu menjadi poin penting penilaian dalam proses pengajuan beasiswa Anda. Menulis dengan kesungguhan bukan pekerjaan mudah, namun ketika Anda benar-benar memberikan kesungguhan Anda, bukan mustahil kesuksesan ada di depan Anda.

Share this:

Advertisement
10 Tips Jitu Untuk Menyusun Karya Ilmiah Bahasa Inggris | admin | 4.5
Leave a Reply